Inovasi yang bermanfaat

Dalam kehidupan sekarang ini, banyak perubahan teknologi yang dapat memepngaruhi kehidupan kita. Perubahan itu ada yang berdampak positif dan adapula yang berdampak negatif.  Ini tergantung cara kita menyikapi dan menggunakannya. Jika ditanya kepada anda, perubahan atau inovasi apa yang paling bermanfaat dalam hidup anda, apa yang akan anda jawab? Apakan handphone, internet, PDA phone, Televisi, radio, atau mungkin mp3 player. Begitu banyak jawaban dan pasti akan berbeda setiap orang.computer

Jika saya ditanya dengan pertanyaan tersebut, saya akan bingung dalam menjawabnya. Karena begitu banyak inovasi technology yang saya rasakan sangat memberikan dampak positif. Walaupun sebenarnya inovasi tersebut ada mengandung sedikit unsur negatif. Mungkin saya akan menjawab komputer, handphone, atau internet, atau mungkin PDA phone, blackberry, bisa uga laptop, microwave. Akan banyak benda yang ada dalam pikiran saya.

Baiklah, saya akan coba menjelaskan salah satu inovasi yang sangat bermanfaat bagi saya, yaitu komputer. Komputer ini dari pertama diciptakan sudah beberapa kali mengalami inovasi. Komputer pertama kali dikembangkan pada pertengahan abad ke-20 (1940-1945). Menurut wikipedia.org, kata komputer digunakan pertama kali pada tahun 1613, yaitu bagi orang-orang yang bisa mengkalkulasikan angka, dan untuk mengetik kata itu baru muncul sekitar abad ke-20 tersebut. Akan tetapi pada abad ke-19 orang-orang sudah mulai mengenal komputer adalah sebuah mesin yang dapat mengkalkulasikan angka.

Berarti komputer sudah diciptakan dari abad ke-19, sudah 2 abad manusia mengenal komputer. Manfaat komputer yang sangat dirasakan disini adalah komputer membuat pekerjaan manusia semakin mudah dan cepat, dan komputer juga mampu menyimpan data. Dengan adanya inovasi terus-menerus pada komputer, sekarang komputer sudah hampir menyerupai otak manusia. Apa yang bisa dilakukan oleh otak manusia, komputer pun sudah bisa malakukannya dengan berbagai macam software. Bahkan komputer melakukan dengan rapih. Komputer sekaran tidak hanya untuk mengkalkulasikan angka atau mengetik kata, tapi komputer sekarang sudah bisa membuat design, sudah bisa membuat tokoh kartun dan semacamnya. Pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dengan komputer.

Memang kapasitas memori otak manusia tidak ada yang dapat mengalahkan, akan tetapi untuk mengingat memori yang sudah beberapa tahun yang lalu, otak manusia membutuhkan kerja agak keas untuk mengingatnya. Sedangkan komputer, data yang tersimpan sudah sesuai dengan tanggal dan waktu pembuatannya, walaupun itu sudah beberapa tahun yang lalu. Otak manusia tidak perlu menyimpan data lagi mengenai kalkulasi, wacana, atau design, mereka tinggal mntransfer ke komputer, maka komputer akan menyimpannya. Benar-benar sangat memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia.

Dulu sebelum menggunakan komputer, manusia mengetik wacana atau surat atau apapun menggunakan mesin tik, dan kertasnya akan disimpan secara rapid an aman. Namun kertas tersebut lambat laun akan usang, dan bisa saja hilang atau terbakar, atau apapunlah. Tetapi sekarang komputer akan menyimpan wacana/berita tersebut didalam sebuah benda yang bernama harddisk. Atau bisa juga kita lihat foto misalnya. Dahulu manusia membutuhkan tenaga ekstra untuk mengabadikan moment-moment tertentu, dibutuhkan kertas untuk mencetak foto dari kamera dan menyimpannya didalam album photo. Namun sekarang, manusia tidak perlu mencetak foto lagi, namun tinggal menyimpan data tersebut didalam komputer, dan sudah ada tanggal dan waktu pengambilannya, bahkan manusia bisa membuat foto tersebut menjadi lebih bagus dengan adanya software untuk meng-edit photo seperti photoshop misalnya.

Sebagai mahasiswa, saya memiliki banyak tugas. Disini komputer sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas saya. Jika saya diberi tugas untuk membuat laporan, saya tidak perlu menulis dengan tangan atau dengan mesi tik lagi. Saya tinggal menggunakan WORD, mengetik kemudian bisa menyimpannya jika saya belum selesai dan bahkan saya bisa memperbaiki kesalahan yang ada dengan sangat mudah. Benar- benar komputer memberikan kemudahan dalam kehidupan saya,. Dan membuat hidup menjadi lebih efektif.

Jadi apa inovasi yang menurut anda paling bermanfaat dalam hidup anda?

Leave a Reply

